Fashion Berkelanjutan: Apa & Mengapa


Fashion Berkelanjutan: Apa & Mengapa image

Apa itu Fashion Berkelanjutan?

Pernah dengar istilah 'Sustainable Fashion'?

Fashion berkelanjutan adalah terjemahan dari kata sustainable fashion, yakni fashion yang memperhatikan dampak dan efek yang ditimbulkan terhadap alam & manusia dari awal proses desain, produksi, hingga distribusi. Hal ini mencakup bahan dasar kain, proses pewarnaan & pemotongan kain, hak-hak karyawan dan pekerja, dan masih banyak lainnya.

Kedua hal ini berjalan dengan satu sama lain, sehingga timbul banyak istilah lainnya, yakni eco-friendly fashion (mengacu pada bahan alami) & ethical fashion (mengacu pada kemanusiaan).



“Regardless of what your background is, we can all agree on some really basic things—no one should die to make a T-shirt, and we shouldn’t be pouring toxins into our planet.”

— WHITNEY BAUCK ON GREEN DREAMER PODCAST EPISODE 129

 

Mengapa Fashion Berkelanjutan Penting?


Tahukah kamu bahwa industri fashion menduduki posisi kedua setelah industri minyak tanah dalam penghasil polusi terbesar?

Tahukah kamu bahwa negara kita ini, Indonesia, merupakan salah satu negara pengekspor tekstil & pakaian terbesar di dunia?

Fashion lebih merusak lingkungan dibandingkan pabrik-pabrik besar, industri plastik, dan penerbangan. Jelas, sebagai konsumer hal ini kurang dapat dirasakan karena kita hanya mendapatkan beberapa biji pakaian, tanpa melihat proses produksi dan dampaknya. Padahal, dampak prakteknya ini cukup besar.

Jarang sekali kita bisa melihat sungai yang jernih, bukan? Hal ini bukan hanya karena orang sekitar membuang sampah sembarangan. Limbah hasil pewarnaan tekstil sangat beracun dan merusak lingkungan apabila tidak dikelola sebelum dibuang.

Tidak hanya itu, bagaimana dengan karyawan yang dibayar dengan setengah dari upah minimum? Bagaimana mereka akan membiayai dan menunjang keluarganya?

Inilah mengapa fashion berkelanjutan ini penting. Gerakan fashion berkelanjutan mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan detail-detail ini sebelum membeli pakaian. Setiap kali Anda membeli sesuatu, Anda secara tidak langsung mendukung bisnis beserta cara praktek dan kerjanya.

Indonesia & Fashion Berkelanjutan

Meski Indonesia salah satu produsen terbesar di dunia dalam bidang tekstil dan pakaian, Indonesia termasuk negara yang paling terbelakang dalam fashion berkelanjutan. Untungnya, banyak komunitas ramah lingkungan yang mulai melakukan gerakan ini untuk mengingatkan masyarakat.

Dunia fashion Indonesia hanya menggangap Fashion Berkelanjutan sebagai trend, dan bukan sebagai kebutuhan. Beberapa desainer menggunakan 'kain ramah lingkungan' sebagai ajang unjuk gaya, bahwa mereka up-to-date. Padahal, fashion berkelanjutan ini seharusnya dilakukan oleh semua orang dan secara menerus, dari produsen hingga konsumer.

Mulailah dari sekarang, biasakanlah diri Anda untuk bertanya lebih banyak.

Pakaian ini bahannya apa kak?
Dibuat di mana kak?
Siapa yang membuat kak?

Apabila Anda secara konsumer menunjukan kepedulian terhadap hal-hal ini, akan lebih banyak brand pakaian yang menyadari bahwa hal ini penting dan harus di diperhitungkan.




“A nation that destroys its soils destroys itself. Forests are the lungs of our land, purifying the air and giving fresh strength to our people.”

— FRANKLIN D. ROOSEVELT

 


Untuk melihat apa yang EARTHLING STUDIO lakukan untuk bumi, sustainability practices, detail dan sertifikasi dan lain sebagainya silahkan klik disini.

This article is written by Cindy Tandiono


Related Post