Fashion Avengers


Fashion Avengers image

I’m a Fashion Avenger!

Siapa yang tak kenal dengan The Avengers? Tepat! Mereka adalah sekelompok superhero di serial film Marvel. Berawal dari, Nick Fury, direktur dari S.H.I.E.L.D yang mengumpulkan para tokoh Marvel dalam satu tim untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan. 

 

Tapi, bagaimana dengan Fashion Avengers? Pernah dengar?

 

Perkembangan industri fashion menyebabkan pencemaran lingkungan karena limbah yang dihasilkan. SDGs hadir menanggapi fenomena ini dengan mengkampanyekan suatu aksi, yakni “Fashion Avengers.”  

 

Fashion avenger bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak dari konsumsi dan produksi fashion terhadap lingkungan. Melalui beberapa langkah saja, kita sudah bisa menjadi seorang Fashion Avenger.

 

How to Become a Fashion Avenger?

  1. Adapt, upcycle, convert 

Periksa kembali isi lemari. Temukan pakaian lama yang kalian miliki. Mungkin saja, ada beberapa baju dan celana yang masih bisa digunakan.

 

  1. Borrow or swap from your friends and family

Seringkali kita menemukan pakaian lama yang masih bagus, tapi terlalu kecil untuk dipakai. Daripada usang di lemari, yuk coba untuk memberikannya atau saling bertukar pakaian dengan orang terdekat! 

 

  1. Buy products made responsibly or second-hand

Mulai perhatikan barang yang kita beli, dari cara produksinya hingga pengemasannya. Pastikan setiap prosesnya tidak merusak lingkungan. Pun, membeli baju bekas preloved bisa jadi alternatif. 

 

  1. Spread the word! Show us your fashion avenger outfit

Tunjukkan bahwa kita adalah Fashion Avenger! dengan turut mengkampanyekan aksi ini melalui media sosial.

 

Let’s be part of The Fashion Avengers!

 

Source: 

globalgoals.org, 2021

marieclaire.co.uk

 

This article is written by E.J. Syamsy


Related Post