Happy National Children’s Day!


Happy National Children’s Day! image

Happy National Children’s Day!

Di Indonesia, tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional. Namun, sebelumnya Kowani atau Kongres Wanita Indonesia sempat mengusulkan bahwa Hari Anak Nasional ditetapkan pada tanggal 6 Juni. Hal ini dikarenakan bertepatan dengan kelahiran Ir. Soekarno serta Hari Anak Internasional yang diperingati di bulan yang sama.

Lambat laun, di era orde baru, ditetapkan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984. Di mana tanggal ini dipilih karena di saat yang sama Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak disahkan tahun 1979.

Mirisnya, saat ini seluruh dunia tengah dilanda pandemi. Keadaan ini memaksa anak-anak belajar dari rumah, di mana semestinya mereka pergi ke sekolah. Hal ini tentu membuat mereka tidak mendapatkan pembelajaran yang maksimal.

Kemenpppa memperingati Hari Anak Nasional 2021 dengan mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju.” Tema ini diusung sebagai bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan semangat anak-anak maupun orang tua meski sedang dilanda pandemi. Terdapat beberapa sub tema Hari Anak Nasional 2021, di antaranya:

  1. Anak Cerdas Terliterasi

  2. Anak Gembira dengan Asah, Asih, Asuh

  3. Anak Sehat dan Gembira

  4. Anak Cerdas, Kreatif, dan Informatif

  5. Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih Sayang

Lembaga Anak Nasional & Internasional

Dalam upaya mencapai tujuan melindungi dan memenuhi hak anak, Pemerintah Indonesia memiliki beberapa lembaga perlindungan anak. Di antaranya:

  1. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa)

  2. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

  3. Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)

Selain itu, di tingkat internasional, terdapat pula organisasi yang menaungi anak-anak di seluruh dunia, yakni United Nation Children’s Fund (UNICEF).

How To Celebrate?

  1. Berpartisipasi dalam berbagai acara

Mengikuti beberapa agenda virtual yang diadakan komunitas tentu dapat memeriahkan Hari Anak Nasional. Selain itu, kita pun dapat mengajak anak untuk menambah wawasan dan teman.

  1. Merayakan hari anak di rumah

Tidak harus bepergian, kita dapat merayakan Hari Anak Nasional di rumah dengan melakukan beberapa permainan. Menghabiskan waktu bersama sangatlah penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. 




  1. Berdonasi

Di luar sana, masih terdapat anak-anak yang kurang beruntung. Di Hari Anak Nasional, kita dapat berbagi kebahagian dengan mereka melalui donasi ke lembaga tertentu. 

Mengapa Hari Anak Diperingati?

  1. Menjamin terpenuhinya hak anak

Melalui Hari Anak Nasional, kita dituntut untuk refleksi diri tentang pemenuhan hak anak. Seperti hak anak untuk hidup, kesehatan, hingga pendidikan.

  1. Anak adalah penerus bangsa

Demi kehidupan berkelanjutan di bumi, kita dapat memulai perbaikan dengan lebih memperhatikan anak-anak, sebab mereka yang akan meneruskan generasi.

  1. Peningkatan Kesadaran

Bentuk upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa masih ada anak-anak yang tidak menerima kehidupan, kesehatan, hingga pendidikan yang layak.

“Let us sacrifice our today so that our children can have a better tomorrow."

A.P.J. Abdul Kalam

Source:

Unicef.org

Tirto.id

 

This article is written by E.J. Syamsy


Related Post