SDGs Goal 12: Konsumsi dan Produksi


SDGs Goal 12: Konsumsi dan Produksi image

APA ITU SDGs?

Melalui resolusi PBB di tahun 2015, para pemimpin tiap negara di dunia menyepakati sebuah deklarasi yang disebut Sustainable Development Goals (SDGs atau Global Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 

Tepatnya pada tanggal 21 Oktober 2015, negara-negara di dunia tengah berambisi dan berkomitmen bersama untuk mencapai SDGs demi dunia yang lebih baik di tahun 2030. SDGs terdiri dari 17 goals dan 169 target capaian yang menjadi tolok ukur serta tenggat waktu tercapainya SDGs goals. 

 

APA ITU GOAL 12?

Di antara ketujuh belas goals, terdapat satu goal yang sangat menarik untuk ditelusuri. Yakni SDGs Goal 12, yang berkaitan dengan “Responsible Consumption and Production” atau “Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.”

 

Dalam hal ini, SDGs mengajak kita untuk kembali memperhatikan pola hidup, terkhusus pada kegiatan konsumsi dan produksi agar lebih bertanggung jawab. Di mana, keduanya merupakan aktivitas manusia yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Angka penduduk bumi yang tinggi tentu menuntut skala konsumsi dan produksi yang tinggi pula. Sehingga SDGs mengajak kita menjadi penduduk bumi yang lebih bertanggung jawab.

 

INDUSTRI FASHION

Salah satu sektor yang cukup menyita konsumsi dan produksi ialah Industri Fashion dan Gaya Hidup. Tidak heran, industri ini terbilang memiliki jangkauan yang sangat luas. Terlebih di era globalisasi, keduanya tengah menjadi konsentrasi banyak orang. Namun apabila tidak berhati-hati, tidak menutup kemungkinan industri ini dapat menimbulkan kerusakan pada bumi. Sebab, fashion dan gaya hidup tentu sangat melibatkan sumber daya alam.

 

Metode industri fashion kerap menimbulkan polusi karbon dan perubahan iklim. Hingga, produksi fashion secara massal karena permintaan gaya hidup modern, turut menyebabkan kesenjangan sosial semakin melebar. Keduanya menjadi penyebab kerusakan baik bagi bumi ataupun strata sosial masyarakat.

 

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN?

Bumi telah memberikan sumber daya alam yang melimpah. Sebagai penduduknya, semestinya bagi kita untuk bijak dalam menggunakannya. Manusia bertanggung jawab untuk memelihara alam, dengan menggunakannya tanpa berbuat kerusakan. 

Sehingga manusia berkewajiban untuk menerapkan konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan  berkelanjutan. Yakni dengan memperhatikan efek jangka panjangnya. Sebagaimana kampanye dari SDGs Goal 12. Berkaitan dengan industri fashion dan gaya hidup, kita dapat menerapkan beberapa hal guna mencapai SDGs Goal 12, di antaranya: 

  1. Menerapkan konsumsi dan produksi fashion yang berkelanjutan.

  2. Melakukan pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

  3. Mengurangi sampah makanan dan penimbunannya.

  4. Melakukan pengelolaan bahan kimia dan limbah yang bertanggung jawab bagi industri fashion.

  5. Mempromosikan pemahaman gaya hidup yang berkelanjutan.


“Nature provides a free lunch. But only if we control our appetites.”

-William Ruckelshaus



This article is written by E.J. Syamsy


Related Post