Happy Indonesia Independence Day!


Happy Indonesia Independence Day! image

Tanggal 17 Agustus menjadi hari peringatan Kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal yang sama di tahun 1945, para pahlawan telah bekerja keras memperjuangkan keutuhan NKRI. Kini Indonesia telah berusia 76 tahun yang terhitung sejak proklamasi oleh Ir. Soekarno. Sebagai bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan, kita dapat mengikuti jejak mereka. Melalui beberapa tindakan sederhana saja kita dapat membuat sebuah perubahan besar.

 

17 Easy Ways to Become an Environmental Hero

  1. Memilah sampah di rumah sebelum membuangnya

Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya dapat menjaga kelestarian lingkungan, sebab sampah dapat diolah dengan tepat sesuai jenisnya.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya, sesuai ketentuan yang ada. Hindari membakar sampah atau membuang sampah di sungai dan laut, karena dapat mencemari lingkungan. 

  1. Mengolah sampah dapur dan daun kering menjadi pupuk kompos

Daripada membuangnya, baik untuk mengolah kembali sampah dapur dan dedaunan kering di halaman menjadi pupuk. Selain jumlah sampah yang berkurang, kita dapat menghasilkan puput tanpa biaya. 

  1. Menanam kembali sisa potongan sayur dan buah

Sisa potongan sayur dan buah dapat kita manfaatkan kembali dengan menanamnya. Selain menghemat pengeluaran, sayur dan buah yang dihasilkan juga lebih sehat karena tanpa pestisida.

  1. Menyimpan sayur dan buah dengan tepat agar tidak mudah busuk

Temukan cara menyimpan sayur dan buah agar tahan lama. Sebab apabila cepat membusuk, sayur dan buah akan banyak yang terbuang.

  1. Memasak sendiri dan tidak membeli makanan kemasan

Memasak makanan sendiri dapat menghemat pengeluaran dan menjaga lingkungan. Sebab, kita dapat mengurangi sampah kemasan dari makanan yang dibeli.

  1. Menggunakan kotak makan yang bisa digunakan kembali

Membawa bekal makanan sendiri dengan kotak makanan yang dapat digunakan berulang kali dapat mengurangi sampah.

  1. Kurangi kantong plastik, beralih ke totebag

Faktanya, plastik adalah jenis sampah yang paling sulit diuraikan. Maka, beralihlah ke totebag, agar jumlah plastik berkurang.

  1. Menggunakan botol minum isi ulang

Tanpa kita sadari, terlalu sering membeli air kemasan dapat meningkatkan sampah botol plastik yang dapat mencemari lingkungan.

  1. Bersepeda atau berjalan kaki

Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dapat menjaga kelestarian lingkungan melalui berkurangnya asap penyebab polusi udara.

  1. Hemat menggunakan listrik dan air

Kita harus lebih bijak dalam menggunakan listrik dan air agar lingkungan tetap terjaga.

  1. Menggunakan produk ramah lingkungan

Perhatikan kembali produk yang kita gunakan, seperti sabun cuci, sabun mandi, sampo, dan sebagainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

  1. Menggunakan produk hasil daur ulang

Turut membeli dan menggunakan barang-barang yang dihasilkan dari proses daur ulang, dapat menjadi dukungan nyata pada upaya pelestarian lingkungan.

  1. Membeli baju preloved

Membeli baju baru dapat merusak lingkungan, sebab umumnya produksi pakaian yang dilakukan industri cenderung menghasilkan limbah yang dibuang ke sungai maupun laut.

  1. Paperless

Ubahlah kebutuhan penggunaan kertas ke bentuk digital. Sebab semakin tinggi permintaan kertas, maka semakin tinggi pula penebangan pohon untuk memenuhinya.

  1. Berdonasi dan mengikuti kegiatan relawan

Memberikan donasi pada organisasi ataupun menjadi relawan dapat menjadi langkah awal terjun langsung ke lapangan untuk melestarikan lingkungan.

  1. Kampanye peduli lingkungan

Menyebarluaskan pemahaman kepedulian terhadap lingkungan penting dilakukan. Kita dapat memulai dengan mengunggah tulisan soal menjaga lingkungan di media sosial.

 

We won't have a society if we destroy the environment

- Margaret Mead

 

Written by E.J. Syamsy


Related Post