Dirtiest River in the World


Dirtiest River in the World image

Can you guess the dirtiest river in the world?

Kalau jawabanmu Sungai Gangga, jawabanmu benar! 



  1. Sungai Gangga di India

 

Sungai Gangga atau Ganges River yang terletak di India merupakan sungai tercemar di dunia. Sungai ini adalah sungai ketiga terbesar di dunia, dan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah 2 miliar orang! Sampah-sampah tidak hanya mengapung, tapi banyak yang tercampur aduk.

 

Tercampur aduk?

 

Ya. Sungai ini menerima 4.8 miliar liter, setara dengan 1.3 miliar galon sampah air kotoran tiap harinya. Selain itu, sungai Gangga dianggap sakral oleh penganut agama Hindu, sehingga mayat manusia dibakar dan ditenggelamkan di sungai ini.

 

Sempat viral di bulan Juni, banyak jasad manusia kembali terbawa ke pesisir sungai. Ternyata, jasad-jasad berbalut kain berwarna safron ini merupakan korban Covid-19. 

 

Pemerintah mengakui, banyak keluarga membiarkan jenazah terapung di sungai suci itu lantaran tidak mampu membayar ongkos pemakaman atau kremasi. Sebagian memakamkan jasad anggota keluarga di dalam lubang dangkal di bantaran sungai.

Image source: DW.com





  1. Sungai Citarum di Jawa Barat

 

Yep! It’s in our home country.

Bahkan, beberapa source seperti Clean Waste Organisation menganggap Sungai Citarum lebih kotor dibandingkan Sungai Gangga di India. Pada tahun 2008, Sungai Citarum dinobatkan sebagai sungai terkotor oleh World Bank. Not something to be proud of!

 

Pada tahun 2008, permukaan air sungai ini bahkan tidak nampak karena banyaknya sampah plastik yang mengapung. Tidak hanya sampah plastik rumah tangga, terdapat banyak limbah kimia, peternakan, dan limbah pabrik. Untungnya, karena sempat viral, pemerintah akhirnya mengambil aksi untuk memperbaiki keadaan ini. 

 

Presiden Joko Widodo yakni “Citarum Harum”. Pada intinya keseluruhan program tersebut dilakukan dengan tujuan memulihkan dan mengembalikan ekosistem DAS Citarum agar kondisinya dapat menjadi baik, namun sering kali program yang digencarkan mengalami kendala dalam pelaksanaan.

Image source: IDN Times



  1. Yellow River

Terletak di China, sungai ini adalah rumah bagi limbah industri yang sangat pesat beserta limbah dari kegiatan batu bara. 

 

Air dari sungai Kuning ini sangat beracun karena tercampur aduk dengan limbah kimia. Bahkan, air tersebut terlalu beracun untuk pertanian! Regardless, masyarakat masih bergantung pada sungai untuk air minum. Akibatnya, water-borne diseases  merajalela. Mulai dari malaria, keracunan merkuri & arsenik, kanker, hingga cacat lahir. Baru akhir-akhir ini Pemerintah China akhirnya melakukan upaya untuk mencegah masyarakat meminum air dari sungai ini.

 

Image source: South China Post



Source: 

Northrop Grumman; Konservasi DAS Universitas Gadjah Mada; Detik News; Open Environmental Sciences Academic Journal



This article is written by Cindy T

 


Related Post