PROTECTING OUR NATURE BY SHOPPING LOCALLY


PROTECTING OUR NATURE BY SHOPPING LOCALLY image

Earthlings, tahukah kamu kalau produk-produk impor yang kamu beli selama ini merupakan salah satu kontributor perubahan iklim di negara kita? Produk-produk tersebut bisa sampai ke tangan kamu karena sudah melewati alur pengiriman lintas negara yang panjang, mulai dari menggunakan pesawat sampai dengan kapal. Transportasi tersebut beroperasi menggunakan bahan bakar fosil, yang mana merupakan salah satu sumber emisi gas rumah kaca terbesar dunia. Produk impor yang terlihat lebih menggoda ternyata punya konsekuensi bagi alam kita. Kalau selama ini kamu belanja barang-barang impor terus, it’s time to stop! Ayo mulai kurangi dan biasakan belanja produk-produk lokal! 

 

Gak ada alasan untuk gak beralih ke produk lokal, karena selain negara kita punya segudang produk lokal yang kualitasnya patut diadu dengan produk impor, belanja produk lokal memberikan banyak kelebihan terutama bagi lingkungan, lho! Penasaran apa saja? Simak poin-poinnya di bawah ini, ya!

 

Ilustrasi pasar lokal. (Photo by Caio from Pexels)


 

  • Memajukan perekonomian lokal

 

Ilustrasi belanja seafood di pasar lokal. (Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels)

 

Saat kamu membeli produk dari bisnis lokal, uangnya akan diinvestasikan pada perkembangan ekonomi bisnis-bisnis lokal lainnya karena seringkali sebuah pemilik bisnis lokal akan mengambil bahan baku dari produsen lokal. Itulah mengapa, apresiasimu terhadap produk lokal akan sangat membantu perkembangan ekonomi lokal menjadi lebih pesat.

 

 

  • Membantu terciptanya lapangan pekerjaan

 

Ilustrasi tenaga kerja produksi kopi. (Sumber: ekonomi.bisnis.com

 

Bisnis lokal terutama skala kecil seperti bisnis rumahan, adalah pembuka lapangan pekerjaan terbesar secara nasional karena membutuhkan banyak tenaga dalam proses produksinya. Misalnya, bisnis rumahan yang memanfaatkan hasil panen untuk disulap menjadi produk makanan akan menjadi lapangan pekerjaan bagi warga setempat yang tidak mempunyai pekerjaan, khususnya ibu rumah tangga. Jika bisnis berjalan lancar karena tingginya permintaan produk, tenaga kerja akan dibutuhkan dalam waktu yang lama, sehingga bisnis tersebut dapat menjadi sumber pendapatan utama atau sampingan warga lokal.

 

  • Mengurangi jarak tempuh produk (food miles)

 

Ilustrasi panen produk untuk dijual ke pasar. (Photo by ArtHouse Studio from Pexels)

 

Salah satu hal paling penting dari belanja produk-produk lokal adalah kamu bisa membantu melindungi lingkungan dengan mengurangi jarak tempuh makanan. Jarak tempuh makanan atau food miles adalah jarak yang ditempuh oleh suatu produk dari proses produksi sampai ketika produk tersebut sampai di tangan konsumen. Acuan food miles adalah seberapa banyak bahan bakar yang digunakan selama proses tersebut, sehingga food miles digunakan sebagai salah satu faktor dalam uji coba dampak lingkungan dari suatu produk. Dengan begitu, produk lokal sudah pasti memiliki food miles yang lebih aman karena tidak melibatkan proses impor yang panjang. 

 

  • Akses lebih terjangkau

 

Ilustrasi seorang ibu berjalan kaki ke sebuah pasar tradisional. (Photo by Maurício Mascaro from Pexels)

 

Supermarket biasanya terletak di pusat kota, sehingga alternatif yang paling dekat adalah pasar lokal atau pasar tradisional yang ketersediaan produknya cukup lengkap. Mulai dari hasil panen petani setempat sampai hasil tangkapan nelayan yang masih segar, pasar lokal bisa mencukupi kebutuhan pokok tanpa mengharuskan kamu menempuh jarak jauh dengan kendaraan yang hanya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar dan jejak karbon. 

 

  • Produk lebih segar dan bebas bahan kimia

 

Ilustrasi buah-buahan segar. (Photo by Mark Stebnicki from Pexels) 

 

Membeli produk lokal, terutama bahan-bahan makanan, akan menjamin kamu mendapatkan produk yang masih segar. Hal utama yang membuat para produsen lokal unggul adalah mereka mengutamakan originalitas produk sehingga proses produksi bebas dari bahan kimia seperti antibiotik dan pestisida. Kamu akhirnya mendapatkan produk organik yang selain baik untuk kesehatan, juga baik untuk lingkungan karena tanaman dan lingkungan sekitar bebas dari bahan kimia berbahaya serta potensi polusi lingkungan seperti polusi air, udara, dan tanah. Selain itu, jarak tempuh produk yang pendek akan menghasilkan lebih sedikit sampah karena produk dibawa langsung ke pasar lokal untuk dijual setelah dipanen.



  • Melindungi lahan dan lingkungan sekitar

 

Ilustrasi lahan produksi sayur-sayuran. (Photo by Soo Ann Woon from Pexels)

 

Membeli produk lokal berarti kamu mendukung para produsen lokal untuk terus beroperasi. Lahan produksi akan tetap dikelola untuk kepentingan proses produksi produk-produk lokal sehingga dapat menghindari alih kuasa lahan oleh produsen besar yang akan merugikan bagi masyarakat sekitar akibat dari perluasan lahan untuk pembangunan gedung yang lebih besar serta bagi lingkungan sekitar, terutama bagi hewan dan tumbuhan yang akan kehilangan tempat tinggalnya. 

 

Semoga setelah mengetahui kelebihan membeli produk-produk lokal di atas, kamu menjadi lebih tertarik untuk belanja produk lokal dan ikut melindungi lingkungan bersama teman-teman yang sudah lebih dulu beralih ke #buylocal, ya! 

 

 
EARTHLING is proudly an Indonesian brand, currently based in Surabaya, East Java. We aim to boost our local economy and provide job opportunities to our closest surroundings! Learn more about our brand by clicking here.


References: 
Green Business Bureau | Buying Local: Understand the Pros and Cons of Striving to Purchase your Goods Locally 
GoGreen | The Environmental Benefits of Buying Locally 
The Local Good | Top 10 Reasons to Shop Local 


This article is written by Amalia Diva.



Related Post